Belajar Microsoft Power Point

Cara Belajar Microsoft Power Point 2007
Membuat presentasi dengan menggunakan Power Point 2007 lebih mudah daripada versi sebelumnya karena fitur-fitur yang sudah disediakan dalam bentuk icon-icon yang tinggal klik.

Berikut ada beberapa fitur dasar yang bisa kita eksplor bersama.

Ribbon

Menu ini dirancang untuk memudahkan kita dalam menemukan fitur dan perintah dengan kategori yang tidak menyulitkan serta kumpulan grup yang saling berkaitan satu sama lain. Hemat waktu dan cukup memudahkan dalam membuat presentasi. Satu lagi fasilitas terbaru adalah dapat langsung melihat perubahan huruf/obyek atas fitur yang ingin disampaikan sebelum anda menggunakannya.

Fitur ini disebut Ribbon, yaitu menu terbaru yang menggantikan menu lama. Sangat memudahkan karena menu baru ini mengelompokkan perintah kedalam grup-grup yang saling berkaitan.

1. Tab yang didisain berdasarkan tahap penyusunan sebuah presentasi.
2. Grup dalam tiap tab menu berisi tombol perintah yang umum digunakan.
3. Tombol perintah dalam tiap group berisi rincian/pilihan perintah lainnya yang berkaitan

1. Memulai MS PowerPoint
Terdapat 2 cara cepat untuk memulai powerpoint:
Melalui Icon pada Desktop Windows.
Pengaktifan ini bisa dilakukan apabila pada desktop windows Anda sudah terdapat Icon Microsoft Power Point. Pengaktifan dilakukan dengan melakukan Double Click pada icon Power Point.
Pengaktifan yang kedua dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

a. Klik tombol Start pada task bar di desktop
b. Klik menu All Programs/ MS OFFICE dan kemudian klik Microsoft Office PowerPoint 2003
Selanjutnya anda akan mendapatkan tampilan sebagai berikut:
Berikut ini penjelasan masing-masing bagian diatas
Title bar : nama file yang sedang kita kerjakan akan muncul disini
Outline tab : untuk melihat outline dari masing-masing slide
Slide tab : untuk melihat thumbnail (slide kecil) dari keseluruhan slide dan berpindah ke slide yang kita tuju. Anda bisa melakukan scroll ke bawah bila slide banyak.
Menu bar : tempat menu-menu dimana terdapat perintah-perintah Powerpoint
Slide Pane : bidang kerja MS Powerpoint
Task Pane : Menunjukkan apa saja file yang baru saja dibuka, dibuat, dan disimpan serta link ke template maupun resource lainnya.
Tombol View : untuk merubah tampilan, mulai dari normal, slide sorter, maupun slide show. Secara detail akan dijelaskan di bawah ini
Toolbar Drawing : untuk menggambar secara manual gambar-gambar sederhana seperti bentuk-bentuk geometri, panah, memberi efek, menyisipkan gambar dan sebagainya.
Menggunakan Toolbar
Toolbar adalah tombol dan pilihan yang Anda gunakan untuk melakukan suatu perintah. Toolbar terletak di bagian atas layar dan dapat terdiri dari tombol, menu atau gabungan dari keduanya.
Toolbar dapat ditempatkan berdekatan satu dengan yang lain pada baris yang sama, juga bisa ditempatkan pada baris yang berbeda. Ketika anda meletakan beberapa toolbar pada baris yang sama, mungkin tidak akan tersedia cukup ruang untuk menampilkan seluruh tombol. Jika tidak tersedia ruang, maka yang akan ditampilkan adalah tombol yang terakhir anda gunakan.
Anda dapat mengatur toolbar dan menampilkan seluruh tombol pada suatu toolbar.
Untuk melihat tombol yang tidak termuat pada toolbar, Klik Toolbar Option atau clip_image005 yang terdapat dibagian akhir toolbar.
Secara otomatis, biasanya pada saat Anda mengaktifkan Ms. Power Point, toolbar yang aktif adalah tool bar Standard, Formating dan Drawing, tetapi Anda dapat menambah dan mengurangi Toolbar tersebut sesuai dengan kebutuhan. Cara untuk menambah dan mengurangi toolbar adalah sebagai berikut:
Cara pertama adalah dengan mengklik kanan bagian kosong pada toolbar sehingga muncul gambar disamping. Selanjutnya anda dapat mengklik salah satu toolbar untuk mengaktifkan atau menghilangkan.
Cara kedua adalah dengan mengikuti langkah sebagai berikut:
a. Klik Menu View
b. Sorot Toolbars
c. Setelah muncul pilihan toolbar, klik menu yang akan ditampilkan atau dihilangkan. Tanda Checklist menandakan toolbar telah aktif.
Tampilan Power Point XP
Ms. Power Point XP terdapat tiga tampilan utama dalam, yaitu : normal view, slide shorter view, dan slide show view.

Normal View

Normal View yaitu tampilan editing utama yang Anda gunakan untuk menulis dan mendesain sebuah presentasi. Tampilan ini mempunyai tiga area kerja utama yaitu: dibagian kiri, tab-tab yang merupakan alternatif antara penampilan slide dalam bentuk paragraf (outline Tab) dan sebagai thumbnail (Slides Tab); di bagian kanan, Slide pane yang menampilkan slide yang sedang Anda kerjakan; dan di bawah, Notes Pane yang menyediakan tempat untuk mencatat yang ingin anda buat mengenai slide yang sedang Anda buat.

Slide Shorter View

Slide Shorter View yatitu tampilan istimewa slide Anda berbentuk Thumbnail. Ketika anda selesai membuat dan mengedit presentasi, slide shorter view memberi anda tampilan keseluruhan dari presentasi Anda tersebut – membuat slide mudah diatur, ditambah,atau dihilangkan dan menampilkan efek peralihan serta animasi yang telah Anda buat.

Slide Show View

Slide show view merupakan bentuk mengambil seluruh layar untuk tampilannya. Pada tampilan ini Anda melihat presentasi Anda dalam bentuk yang sama dengan yang dilihat audience, Anda dapat melihat elemen animasi, pengaturan waktu, grafik, film, dan efek transisi akan nampak pada presentasi sesuangguhnya.

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s